Fantastique/Magic Fountain Show @ Taman Impian Jaya Ancol

Fantastique atau Magic Fountain Show adalah wahana baru di Taman Impian Jaya Ancol. Wahana Fantastique menyajikan pertunjukan cerita rakyat Buto Ijo dan Timun Mas. Pertunjukan cerita rakyat ini dilakukan di atas panggung outdoor dengan dekorasi seakan-akan berada di luar istana dan terdapat danau di samping kanan kirinya. Pertunjukan dipentaskan oleh puluhan pemain pentas  dipadu dengan air mancur, sinar laser, animasi, kembang api, musik dan gerak tari para pemain. Meskipun outdoor, pembaca tidak perlu khawatir jika hujan datang karena jika gerimis atau hujan kecil, pihak Fantastique menyediakan jas hujan gratis selama pertunjukan berlangsung dan jika hujan menjadi lebat dan terdapat halilintar yang dapat membahayakan pihak pengunjung maka pertunjukan dibatalkan dan digantikan tiketnya untuk pertunjukan esok hari. Saat saya sekeluarga ke sana, kami diberikan jas hujan dan pertunjukan dimulai lebih awal 10-15 menit dari waktu pertunjukan yang seharusnya karena khawatir hujan akan menderas.

Cerita rakyat Buto Ijo dan Timun Mas menceritakan tentang kelahiran seorang anak perempuan yang diperoleh dari permintaan kedua orang tuanya kepada Buto Ijo dengan mengikat perjanjian bahwa setelah anaknya berumur 17 tahun maka anaknya tersebut akan diserahkan kepada Buto Ijo. Namun, setelah anak perempuan ini dewasa dan berumur 17 tahun, kedua orang tuanya sangat sayang pada anak gadisnya dan tidak berkenan menyerahkan anak perempuannya ini untuk dinikahi oleh Buto Ijo. Gadis kecil ini bernama Timi Emi. Pertunjukan yang berdurasi kurang lebih 30 menit ini memperlihatkan kegigihan Timi Emi dalam melepaskan diri dari buruan Buto Ijo dan dua pengawalnya yang jahat. Meskipun kedua orang tua Timi Emi sudah meninggal karena Buto Ijo, Timi Emi masih mempunyai banyak teman yang menolongnya terlepas dari kejaran Buto Ijo tersebut. Peninggalan dari ibunya yaitu garam, biji cabe, biji timun suri dan terasi turut membantunya untuk terus menerus melepaskan diri dari Buto Ijo hingga Buto Ijo itu mati.

Fantastique berlokasi di Ocean Ecopark Taman Impian Jaya Ancol yang bersebelahan dengan wahana Green Mission Paintball dan wahana Ancol Outboundholic. Saat saya sekeluarga ke sana dengan kendaraan pribadi, kami sempat berputar-putar untuk mencari lokasi tersebut. Tapi kami cukup bersyukur kalau informasi lisan yang kami dapat dari para petugas di Taman Impian Jaya Ancol yang mengatakan bahwa lokasi Fantastique terletak di Ancol Timur dan ambil saja arah menuju Dufan, cukup memudahkan kami dalam mencari lokasi Fantastique. Karena kami kesulitan jika mengandalkan hanya pada penunjuk arah Ecopark yang luas dan memiliki banyak wahana, ditambah banyaknya spanduk Fantastique yang membuat kami mengira bahwa disitulah lokasi Fantastique. Bahkan keluarga dari tante saya terlambat untuk menonton pertunjukan karena lama menemukan lokasi Fantastique. Jadi, jika pembaca mau nonton pertunjukan Fantastique ambil arah Ancol timur ke Ecopark, pintu masuk bisa dekat dengan wahana Green Mission Paintball atau dekat dengan kali Ancol. Jika parkir di tempat parkir yang dekat kali ancol, jalannya lebih pendek dibanding kita lewat pintu gerbang yang dekat dengan wahana Green Mission Paintball. Di dalam area Fantastique terdapat kendaraan yang bisa mengantarkan kita ke parkiran tapi biayanya Rp. 10.000/orang.

Berikut waktu pertunjukan Fantastique :

  Weekday : Jam 7 malam

  Weekend: 18.30 dan 20.00

Dengan harga

  Weekday: Rp. 50.000,-

  Weekend: Rp. 60.000,-

Pertunjukan yang mengangkat cerita rakyat yang dipadukan dengan teknologi yang canggih ini juga mendidik anak-anak mengenai kecanggihan teknologi dan kekayaan cerita rakyat yang dimiliki Indonesia. Pertunjukan Fantastique mirip dengan pertunjukan “Song of the Sea” yang ada di Singapura hanya berbeda ceritanya dan Fantastique menggunakan bahasa Indonesia. Dengan adanya Fantastique, Indonesia menunjukkan perkembangan entertainment dan teknologi Indonesia tidak kalah dengan luar negeri. Top untuk Ancol.

Meskipun pertunjukan dimulai pukul 7 malam namun saya sarankan pembaca untuk datang minimal 1 jam lebih awal supaya bisa menikmati dekorasi taman di depan loket Fantastique yang terang dengan lampu. Yang perlu diingat juga adalah sediakan waktu untuk mencari lokasinya supaya tidak telat datang ke Fantastique. Saat saya sekeluarga datang dekorasi taman di Fantastique bersuasana natal yang terdapat hiasan pohon natal, tongkat bengkok, dan lampu-lampu. Sepertinya dekorasi taman Fantastique akan berubah sesuai hari raya terdekat.

 

Setelah pertunjukan juga kita bisa menyimpan kenangan berfoto dengan para pemain yang berkostum dan berhias lengkap pakaian tradisional Indonesia seperti Bali dan Dayak serta para pemain yang berkostum binatang maupun peri kupu-kupu.

My Mirror blog: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/01/17/fantastiquemagic-fountain-show-taman-impian-jaya-ancol/