Wisata Kuliner di Taiwan (9-19 Juni 2011)

Kembang tahu di Indonesia itu panas dan rasanya pedas karena menggunakan air gula jahe. Tapi, kembang tahu di Taiwan berbeda, kembang tahunya mayoritas dingin walaupun ada yang panas juga. Selain itu, kembang tahunya bisa di kombinasikan dengan campuran yang bisa dipilih salah satu atau semuanya, seperti: kacang besar (da dou), kacang merah, kacang hijau, jelly, cincau, agar-agar, rumput laut, onde-onde yang terbuat dari talas, ubi, dan masih banyak macam lainnya yang enak-enak🙂 Harga berkisar 25-50 NT.

Ini jenis makanan es lain di Taiwan namanya gw gak tau🙂 rasanya seperti onde-onde yang kenyal dan gepeng. Nah, yang item-item itu mutiara yang biasa dijual di indonesia sebagai mutiaranya di es teh susu mutiara. Kesan, biasa aja rasanya. Tapi bagi yang suka ama yang kenyal-kenyal (QQ), boleh coba lah. Harganya 45-50 NT.

Nah, klo ini makanan yang seperti sandwich. Isinya daging babi, yang bisa dipilih apakah isi daging babi yang berlemak atau daging babi yang gak berlemak atau keduanya (separuh-separuh). Nah, saya coba yang separuh daging babi berlemak dan separuh daging babi gak berlemak. Kalau yang berwarna hijau itu kemangi.

Foto makanan di atas adalah makanan yang ada di ciu fen. Terkenal dan enak, tapi porsinya kecil🙂 Ada baso ikan, mie, nasi daging babi (rou cao fan) dan tahu dingin dengan telur phi tan lalu disiram kecap asin kental ditaburi serbuk ikan. Nah, tahu dingin ini yang enak🙂 Di toko ini terkenalnya dengan segala macam baso ikan jadi yang disediakan kuah baso ikan, mie baso ikan, tapi tidak ada nasi baso ikan.

Nah makanan ini juga dibeli di ciu fen, kata ciciku ini terkenal enak. Mmm menurutku, rasanya seperti candil tapi dengan berbagai rasa bukan cuma ubi tapi ada yang dari talas, teh hijau, dan lain-lain.

Foto di atas adalah jenis makanan steak. Sama seperti di Indonesia ada pilihan steak sapi, ayam, ikan, bedanya paling steak seafood dan steak babi🙂 Tapi di tempat ini (Taipei), pesan 1 macam steak untuk ‘all you can eat’ makanan pelengkap, yang terdiri dari zuppa soup, salad, jus, dan lain-lain. Harganya 250-400 NT.

Nah, ini makan malam kami di feng chia road, Taichung, namanya Chi Pai (kanan atas). Paket nasi chi pai dilengkapi dengan dua macam sayur lainnya yang bisa dipilih sendiri. Sedangkan sayur kuah gratis ambil, demikian juga minumannya. Lihatlah gelas kertas di foto, di hampir semua tempat makan atau rumah di Taiwan biasa menggunakan gelas kertas untuk minuman. Saya suka sekali minum teh gandum (mai cha) selama di Taiwan.

Foto di atas namanya Tan Ping, kulitnya dari telur isinya ada yang tuna dan abon babi jagung. Foto di atas yang isinya Tuna. Ini jenis makanan untuk sarapan, yang hanya dijual di pagi hari.

Foto di atas nama makanannya Luwei, terkenal di Taiwan. Terdiri dari: daging babi, tahu, brokoli, rebung. Biasa kita makan dengan nasi.

Ini jenis makanan es lagi, sebelah kiri itu cincau susu (enak banget). Sedangkan yang sebelah kanan, kacang merah.

Nah ini buah-buahan saat kami makan all you can eat “Huo Kuo”. Uniknya hanya markisa taiwan (buah yang berkulit merah) tidak seperti markisa Indonesia. Rasa markisanya sangat asam dan bijinya berwarna kuning bukan putih.


Foto di atas adalah telur teh. Telurnya rasa teh karena direbus dalam teh.

‘Huo Kuo’. Kalau di Indonesia makanan ini lebih dikenal sebagai ‘shabu-shabu’. Dimana kita memasak sendiri di atas kompor kecil di atas meja makan. Seperti Hanamasa juga, hanya saja rebus dan tidak ada yang barbeque-an.

Makanan ini dibeli saat kami di WuLai. Namanya yü thou, terbuat dari talas. Kalau menurutku sih, biasa aja.

Masih banyak variasi makanan dan camilan di Taiwan. So, silahkan berwisata kuliner di Taiwan.

Note: 1 NT = 303-307 rupiah

4 thoughts on “Wisata Kuliner di Taiwan (9-19 Juni 2011)

  1. #Oktober #2014 #Rilis #↖(^ω^)↗
    #‎Buku‬ “Bertualang ke Taiwan”
    ‪#Terbitan‬ ‪#Gramedia‬

    ‪#Baca‬ ‪#BukuBertualangKeTaiwan‬, Ikuti Petunjuknya,Rasakan Sensasi Petualangannya (^ω^)

    ‪#‎愛‬ 台灣 以前,的時候, 以後 (^ω^)
    Love Taiwan Before, During, and After

    Taiwan is a Beautiful Heart
    Because Taiwan Will Touch you (^ω^) ‪#BKT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s