Liburan ke Taman Wisata Mekar Sari (1 Oktober 2008)

Hari pertama Hari Raya Idul Fitri, aq rencana liburan keluarga ke Ciwidey namun berubah menjadi ke Taman Wisata Mekar Sari. Tapi pas juga karena kita bisa jadi tour guide untuk teman2nya ciciku yang hari itu datang. Berangkat dari rumahku yang hanya berjarak 10 menitan dari mekar sari sekitar jam 11 siang. Jalan raya menuju ke sana belum tampak macet. Parkiran juga masih banyak yang kosong. Hanya saja parkirannya masih berbatu. Jadi kalau mau kesini disarankan pakai sandal ceper aja ya. Biaya masuk Rp. 12.000,-/orang dan Rp.10.000/mobil.

Setelah masuk dan parkir, maka kita ke Pusat Informasi. Di sana kita diberi pilihan paket tour, yaitu: Smart Cultivation Tour, Tropical Exotic Tour, Paddy Legend Tour, Green Land Tour, atau Wisata Air. Berikut penjelasan masing2 jenis tour sesuai dengan brosur yang diberikan.

  • Smart Cultivation Tour: Petualangan untuk lebih mencintai tanaman. Di sini Anda dapat memilih tiga program budidaya: Menanam, Perbanyakan, atau Teratium.
  • Tropical Exotic Tour: Mengenal keunikan tanaman Markisa dan belajar membuat jus Markisa, dilanjutkan dengan bersepeda menyusuri kebun koleksi tanaman langka.
  • Paddy Legend Tour: Serunya menanam padi di sawah & memandikan kerbau. Kemudian Anda dapat belajar serta berkreasi dengan bambu dan belajar tentang alat-alat pertanian zaman dulu.
  • Green Land Tour: Merasakan sensasi memetik buah langsung dari pohonnya, menemukan semua yang unik dari tanaman buah, dan observasi budidaya tanaman hidroponik.
  • Wisata Air: Seru…tantangan di atas air dengan perahu motor, water bike, aqua bike, floating donat, giant bubble, & canoing.

Silahkan lihat Mekarsari Zoning Map di bawah ini:

Kami memilih Green Land Tour yang biayanya Rp. 40.000/orang. Setiap 30 menit akan ada kereta yang akan siap berangkat untuk mengantar kita ke kebun buah-buahan. Bulan Oktober ini sedang musim Melon, Salak, dan Belimbing, sehingga kita tour ke kebun buah2an ini. Rute pertama kita adalah ke kebun Melon, di kebun ini kita juga mendapat softdrink berupa jus buah – tapi bukan jus Melon J. Melonnya berkulit kuning dan manis sekali. Melon yang sudah matang dijual Rp. 11.000,-/buah. Kemudian kita ke kebun Salak dengan kereta dan kita melihat tanaman Salak dan menukar voucher dengan ½ kg Salak. Selanjutnya kita naik kereta lagi menuju kebun belimbing. Sepanjang perjalanan dengan kereta dari satu tempat ke tempat lain, akan ada tour guide yang menerangkan. Di kebun belimbing, kita juga menukar voucher untuk mendapat 1 buah belimbing yang besar dan manis. Tempat akhir adalah area wisata air. Di sini bisa nikmati danau, bermain2, atau berbelanja buah / makanan. Dari sini kita tinggal naik kereta 1x lagi untuk menuju ke Family Walk Zone atau tempat kita datang pertama kali ke Mekar Sari.

Disini kita masih tukar voucher yang didapat dari Green Land Tour, yaitu souvenir di toko souvenir dan bibit di Garden Center. Souvenirnya bisa dipilih yaitu topi, mangkuk, tas pinggang, atau boneka kecil. Bibit juga bisa dipilih sesuai keinginan dari bibit2 yang disediakan, yaitu: bibit jambu batu, bibit durian, bibit jambu batu merah, bibit belimbing, dll sesuai persediaan saat itu. Selain itu dengan stiker Green Land Tour yang diberikan, kita gratis masuk ke Family Garden. Di areal ini kita bisa wisata kanal, yang bayar lagi Rp.10.000,-/orang atau hanya melihat binatang di Baby Zoo, berkuda, memetik sayur, atau observasi budidaya tanaman hidroponik. Sayuran2 yang bisa dipetik sendiri dan dijual cukup murah – seharga sayuran di pasar.

Kata Tour Guidenya bulan Desember – Februari adalah musim panen Durian, Rambutan, Buah Naga, dan Buah Manggis. Jadi dalam setahun kita bisa berwisata ke Mekar Sari lebih dari sekali karena buah-buahnya berganti2 sesuai musim panennya.

Jika Anda berkunjung datanglah pagi-pagi karena waktu kunjungan wisata adalah Selasa – Minggu : 09:00 – 16.30 WIB. Informasi lebih lengkap silahkan browse ke http://www.mekarsari.com.

2 thoughts on “Liburan ke Taman Wisata Mekar Sari (1 Oktober 2008)

  1. Mamaku suka mengunjungi Taman Wisata Mekarsari karena dekat rumah, suasana, dan buahnya. Sabtu, 13/10/2009 kami bertiga ke Mekar Sari dengan maksud hati mengikuti Tropical Exotic Tour. Berikut update harga di pintu gerbang:
    Dewasa @ Rp.15.000,-
    Anak @ Rp.15.000,-
    Mobil @ Rp.10.000,-
    Bus @ 20.000,-
    Kereta Keliling @ 3.000,-

    Harga tour yang disediakan:
    Tropical Exotic Tour @ Rp.50.000,-
    Paddy Legend Tour @ Rp.50.000,-

    Tapi sayangnya, saat kami datang Tropical Exotic Tour sedang dalam perbaikan. Jadinya, kami hanya naik kereta keliling saja @ Rp.10.000,- dan duduk-duduk di pinggir danau hingga sore hari.

  2. Sabtu, 26 Desember 2009 kami sekeluarga belanja ke Jakarta, tetapi jalanan ke arah Jonggol atau Mekar Sari tampak sangat panjang. Sepertinya efek liburan panjang, Jonggol dijadikan alternatif jalan menuju Puncak atau Bandung, dan banyaknya pengunjung ke Taman Wisata Mekar Sari. Macetnya berujung sampai kantor polisi, Cileungsi->panjang bukan? Saat itu jam 11 siang. Dan saat kami pulang sekitar jam 2 siang, kami masih saja kena efek macet walau mulainya dari atas fly over Cileungsi. Wuihhh.. long weekend pada jalan-jalan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s