First holiday to Singapore (19-21 November 2009)

Sejak Indonesia menetapkan WNI ber-NPWP bebas fiskal jika keluar negeri, maka makin banyak WNI yang berlibur ke luar negeri, seperti halnya keluarga kami. Selain itu, makin banyak budget airlines yang memberikan harga ekonomi promo. Kesempatan kali ini, kami memesan tiket jetstar ke Singapura. Jetstar adalah service and budget airline dari Australia. Saat ini valuair pun sudah digandeng oleh jetstar. Tiketnya dapat dibeli secara online di http://www.jetstar.com .

Berbekal peta singapura, peta MRT, dan blog http://sewaapartemensingapore.blogspot.com/2009/04/singapore-for-first-time.html, saya membuat rencana itinerary. Blog tersebut sangat menarik dan bermanfaat bagi saya, sehingga saya mencoba mengikuti itinerary ”Singapore for the first time”. Hanya saja sayangnya kami tidak berangkat dengan penerbangan paling pagi dan pulang ke Indonesia dengan penerbangan paling malam, karena orang tua kami sudah lanjut usia dan rumah kami jauh dari bandara – perlu waktu 2 jam perjalanan.

Hari 1

Pesawat jetstar take off 9.10 WIB dari terminal 2 Bandara Soekarno Hatta dan landing 12.00 pm (waktu Singapura) di terminal 1 Changi Airport. Sesampainya, saya telepon madam Susan Pang menggunakan telepon umum bandara, bahwa kami telah tiba. Selanjutnya kami menuju Lucky Plaza Apartment dengan taksi dari bandara, biayanya sekitar S$16 + S$3 (admission fee from airport). Baca juga blog saya tentang Lucky Plaza (LP) Apartment.

Kamarnya bersih dengan jendela, AC, TV, kulkas kecil, meja rias, selimut, kamar mandi di dalam, dan disediakan extra bed karena kami memesan kamar untuk 3 orang padahal kami ber-empat, karena harganya lebih murah S$10/malam dibandingkan kamar untuk 4 orang dewasa. Kamar mandinya kecil tapi bersih, lengkap dengan water heater. Madam Susan Pang bisa 3 bahasa (Inggris, Indonesia, dan Mandarin). Jadi tidak mengalami kesulitan bahasa untuk berbicara dengannya. Salut …

Setelah check in kami langsung makan siang di basement 1. Dari lift kami belok ke kiri dan di sana banyak toko makanan asia dengan harga S$3-S$6. Kami tidak memesan minum karena bawa minum sendiri. Setelah kenyang, kami bersegera menuju Singapore Visitor Centre (SVC) di Orchad, walaupun masih hujan. Setibanya disana kami bertanya tentang tour yang ada dan menanyakan Singapore Sightseeing Tour seperti yang ditulis di blog yang saya baca. Tetapi ternyata, Singapore Sightseeing Tour itu mesti di beli di Duck&Hippo, letaknya tepat di samping SVC@Orchad. Selain di Orchad, Duck&Hippo juga ada di Suntec. Di Duck&Hippo, Orchad kami membeli Special Flyer Saver Combo S$49/orang, serta mendaftar untuk mengikuti Moonlight Adventure malam itu juga (karena tempat terbatas, hanya 1 bis saja yang berangkat untuk tour malam ini). Paket Special Flyer Saver Combo adalah Singapore Sightseeing Tour plus Singapore Flyer. Baca juga blog saya tentang tour menarik yang ada di Singapore. Waktu sudah menunjukkan hampir jam 3 sore saat kami membeli, untungnya paket tour ini menghitungnya 48 jam bukan sekedar 2 hari saja. Sehingga kami dapat menikmati tour hingga waktu kami pulang kembali.

Kemudian kami menuju halte bis hippo di depan SVC menuju Suntec. Di Suntec kami masih agak bingung akan mengunjungi tempat apa dulu. Karena sudah sore maka kami putuskan ke Clarke Quay untuk mengikuti Hippo river cruise. Sambil menunggu river cruise, kami berfoto di sekitar Clarke Quay. Setelah selesai menyusuri sungai Singapore, kami langsung kembali ke halte menunggu bis lagi dan menuju Suntec untuk ikut Moonlight Adventure yang dimulai jam 18.00.

Moonlight Adventure dimulai dengan mengunjungi Sentosa Island untuk menyaksikan Song of the Sea pada pukul 7.40 pm dan sebelumnya kita punya waktu untuk bermain Sky Ride & Luge dan melihat-lihat atau berfoto. Kami perlu membayar S$2/orang untuk Island Admission, S$10/orang untuk menonton Song of the Sea, S$11/orang untuk permainan Sky Ride & Luge.

Seselesainya pertunjukan Song of the Sea, kami semua harus langsung menuju parkiran untuk naik bis Hippo kembali melalui Bugis. Karena tidak banyak penumpang yang ingin mengeksplor Bugis, maka bis Hippo hanya menurunkan penumpang yang ingin turun di Bugis dan langsung melanjutkan perjalanannya. Bis Hippo ini melalui Orchad sehingga kami pulang untuk makan malam di food court dan kembali ke hotel, waktu menunjukkan kira-kira pukul 9.30 pm. Hari pertama, kami telah menyelesaikan 2 tour:River Cruise dan Moonlight Adventure.

Hari 2

Kami memutuskan melepaskan Sentosa Rhino – bis menuju dan dari Sentosa Island, yang sudah sepaket dengan tour yang kami beli. Pertimbangannya adalah waktu, Island Admission, dan biaya wahana permainannya. Pagi kami ke Bugis, tapi toko-tokonya masih banyak yang belum buka. Baiknya ke Bugis adalah sore atau malam hari. Sehingga kami kembali ke halte dan naik bis Hippo Heritage Tour menuju Fullerton Hotel (H15) untuk berfoto dengan The Merlion – iconnya Singapore dan berfoto dengan background Esplanade serta Singapore Flyer. Setelah puas berfoto, kami menuju ke halte kembali dan menuju Singapore Flyer (H16) untuk makan siang dan naik Singapore Flyer. Sayang sekali, cuacanya sedang gerimis sehingga langit mendung dan kaca kapsul Singapore Flyer ada titik-titik air.

Selanjutnya, kami menuju ke China Town dan makan malam di sana. Karena Bis Hippo Heritage Tour terakhir yang melewati China Town jam sekitar 17.54 sedangkan kami tiba di sana saja jam 17.30, maka tidak mungkin lagi kami naik bis Hippo ke Suntec untuk menyaksikan Fountain of Wealth. Kami sempat tanya orang di sana untuk ke Suntec menggunakan bis, namun tidak seorang pun yang tahu. Sedangkan di peta MRT yang saya punya, jarak stasiun MRT Suntec dengan lokasi Fountain of Wealth lumayan jauh – sekitar 10 menit berjalan kaki, dan ini tidak memungkinkan bagi orang tua kami yang sudah lanjut usia. Sehingga kami naik MRT menuju Orchad dan mengantarkan orang tua ke Apartemen. Karena orang tua sudah kelelahan, maka hanya saya dan kakak yang menuju Duck&Hippo di samping SVC Orchad untuk mendaftar dan mengikuti Free Light Up Christmas Tour for Tourist – yang saya ketahui dengan tidak sengaja dari tanya jawab dengan tour guide di bis Hippo. Tepat sekali waktu kami mendaftar karena kami langsung menuju bis Hippo terakhir di malam itu untuk mengikuti tour ini – pukul 21.15.

Singapore biasa merayakan Christmas dan Chinese New Year dengan hiasan di tempat tertentu dan agenda atraksi istimewa. Christmas Light Up dimulai dari awal November sampai dengan bulan Januari. Christmas Light Up 2009 menghiasi sepanjang jalan Orchad dengan hiasan natal mulai dari pohon natal, Santa Claus, sampai dengan tokoh-tokoh natal lainnya. Jalan Orchad ini dibagi dalam 3 bagian, yaitu bagian berwarna biru (pohon natal), merah (Santa Claus), dan Orange (tokoh-tokoh natal lainnya). Indah sekali jika berjalan di Orchad saat malam hari – ada saja tempat yang bagus untuk berfoto. Hiasan yang indah berlokasi di Tanglin Mall, ION Orchad, Paragon Mall.

Hari 3

Hari ini adalah hari terakhir liburan kami ke Singapore kali ini, dan kami belum ke Little India dan membeli oleh-oleh. Karena kurang pagi untuk naik bis Hippo City Tour pertama yang melalui Orchad maka kami banyak menghabiskan waktu menunggu di halte, demikian juga hari ke-2 karena Heritage Tour suka tidak sesuai jadwal – katanya jalur macet. Pagi itu, kami ke Suntec dan naik Heritage Tour ke Little India dan terus berjalan sampai tiba ke Mustafa Centre – tempat belanja 24 jam, semua-nya ada, harganya pas sehingga tidak akan dimahali karena tidak mahir menawar seperti di Little India.

Maksud hati mampir di Civic District (Padang)- Trip H9 untuk berfoto, tapi kami sudah tidak punya waktu lagi bahkan untuk makan siang, selain ke apartemen dan langsung menuju Changi Airport. Bahkan kami tiba di counter 5-10 menit sebelum counter check-in tutup. Untungnya, antrian di counternya masih cukup panjang. Pesawat kami take off 3.40 pm waktu Singapura.

NOTE:

  • Anda dapat parkir mobil Anda menginap di Bandara Soekarno Hatta. Biaya: Rp.20.000,- (6 jam pertama) + Rp.2.000,-/jam berikutnya. Untuk 3 hari dan 2 malam kami, biayanya Rp. 120.000,-
  • Untuk keterangan lebih detail mengenai Singapore Sightseeing Pass dan Singapore Tours & Attractions Pass Anda dapat membacanya di http://sewaapartemensingapore.blogspot.com/2009/04/spore-sightseeing-vs-spore-tour.html .
  • Untuk informasi lengkap tentang tour yang ada di Singapore, silahkan lihat brosur yang saya scan di https://nengsih16.wordpress.com/2009/11/29/tour-brosurs/
  • Informasi kontak pemilik unit Apartemen Lucky Plaza dapat dilihat di https://nengsih16.wordpress.com/2009/11/29/lucky-plaza-apartment/
  • City Hippotours berangkat dari Suntec dengan jadwal paling awal 09.00 dan jadwal paling akhir tiba di Suntec pukul 19.30. Heritage Hippotours berangkat dari Suntec dengan jadwal paling awal 10.00 dan jadwal paling akhir tiba di Suntec pukul 18.20. For more information visit http://www.ducktours.com.sg
  • Harga River Cruise satuan S$6 (Adult)
  • Harga Singapore Flyer satuan S$29.50 (Adult)
  • Harga SIM Card lokal S$10-S$15. Provider telepon seluler di Singapore: Starhub, Singtel, dan M1. Jika tidak tinggal lama di Singapore dan tidak banyak bertelepon, aktifkan International Roaming saja.
  • Kurs Singapore – Indonesia saat kami berlibur: 1S$ = IDR 6.750 – IDR 6.900

Itinerary saya selanjutnya jika saya liburan ke Singapore lagi dalam durasi 3 hari, adalah:

Hari 1: Raffles Hotel, Civic Centre (Padang), Esplanade, Arab Street, Kampong Glam, dan malam harinya ke Maxwell Road, China Town.

Hari 2: Sentosa Island pagi sampai sore. Singapore Art Museum (jika Jumat) atau The Singapore Living Gallery di National Museum of Singapore pukul 18.00-20.00 karena free admission ( menurut informasi di http://www.beli-tiket.com ). Jam 20.00 menyaksikan Fountation of Wealth di Suntec.

Hari 3: Botanic/Orchid Garden, cuci mata di IKEA dan mall-mall di Orchad sebelum ke Changi Airport 🙂

9 thoughts on “First holiday to Singapore (19-21 November 2009)

  1. WOOOOWW…..lengkap banget… bisa jadi acuan saya niih ..
    rencananya saya jg akan berlibur dgn tmn2 kesana pada april ini..
    tp tujuannya setelah pertama kali sampai singapore adalah universal studio.
    apakah ada informasi mengenai harga tiket universa studio?

  2. universal studio klo beli on line on public holiday harganya berkisar sin74. agak mahal sih…tp gpp lah kan mmg msh baru jd pminatnya ckp bnyak walau kondisinya tdk sebesar hk disney

  3. Sis, aku 12-15 Sept ini juga plan ke Sing ajak ortu & ada 2 keponakan jg, masih kecil, ga mgkn MRT-an. Baiknya kalo saya ambil Singapore Sightseeing Tour rutenya gmn ya? Krn saya tiba di Sing nya jg tgl 12 siang. Tolong advice nya ya. Thanks a lot ^^

  4. Oia temenku baru sebulanan lalu ke Universal Studio, kt ga harus beli ticket terusan gt, jd klo mo jj doank bs beli ticket masuknya doank, cm bbrp dollar.

  5. bravo non..
    lengkap.. abiz…, minggu depan saya bakal ikutin jejak kamu jenk.. hmm bisa tahu gak.. kira-kira budget minimal.. diluar anggaran oleg oleh.. bawa berapa juta ya.. yang aman..?? jadi hitungan penginapan.. transportasi dan makan minum … ( pesawat PP dan souvenir gak termasuk)… please ditunggu infonya… salam

    • Trims Dewi. Estimasi dari hitungan kasar sepertinya: Rp. 2.000.000,-an. Tetapi akan lebih baik coba dirinci saja pengeluaran2 yang akan mungkin dikeluarkan disesuaikan dgn kisaran biaya masing2, karena saya sudah agak lupa waktu itu abis berapa🙂 semoga bermanfaat

  6. O iya sis mo nanya info apartment yg sis nginep , tuh ada contact indonya ga..?? kmrn sis bookingnya gimana..??thanks a lot…apa ada recommned lain yg murah2 juga..=P aku ada rencana pergi november ini..,o iya satu lagi SVC tuh patokannya apa yah..??thanks again.

    • Apartemen tempat diriku menginap, gk ada kontak Indo-nya. Tp sekarang tlp ke singapore dr indo kan gk terlalu mahal, dulu saya tlp pakai mentari.
      Kalau mau cari tempat tinggal yang lebih murah tp masih apartemen, coba apartemen di china town.
      SVC di Orchad samping Duck Hippo. Tulisannya besar kok di dindingnya. Download saja peta singapura yang linknya saya sediakan di atas.
      Selamat berlibur🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s