Wana Wisata Pendidikan Penangkaran Rusa

Setelah libur Idul Fitri ditetapkan pemerintah jatuh pada hari Minggu, tgl. 20 September 2009, kami pergi ke Penangkaran Rusa hari pertama lebaran sepulang gereja kami di Jonggol. Bahkan kami sempat mampir dulu ke kolega papa di cariu, cianjur.

Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang senang dengan wisata alam dan menghindari kemacetan serta keramaian saat hari raya. Letaknya yang masih di pedesaan dan tidak diketahui oleh orang banyak, membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi saat hari raya tiba. Bahkan jalurnya yang menuju kota cianjur, sangat cocok bagi Anda yang ingin melanjutkan tamasya ke puncak atau pun ke Bandung.

Penangkaran Rusa, Cariu, Cianjur berkisar 43 km dari perempatan Cileungsi. Lama waktu tempuh adalah 1 jam, dengan kecepatan kira-kira 60km/jam dari Cileungsi. Dari Jonggol Anda ikuti saja jalan besar menuju Cianjur, jarak tempuh kira-kira 30 km lagi untuk mencapai lokasi. Kalau dari pom bensin ke-2 setelah pasar baru jonggol, jarak tempuh tinggal 17 km lagi. Setelah Anda melewati jembatan besi (8 km lagi) dan taman Quiling (5 km lagi), Anda akan melalui tikungan tajam yang menanjak dan menurun. Tepat setelah Anda melalui tikungan tersebut ada jalan berbatu di sebelah kiri untuk menuju areal parkir Penangkaran Rusa. Jalan masuknya menurun dan berbatu serta hanya cukup untuk 1 jalur mobil saja. Bagi Anda yang mempunyai HP dengan kemampuan GPS, koordinat Penangkaran Rusa di: S 06 38.215 E 107 10.141.

Wana wisata pendidikan penangkaran rusa juga cocok bagi Anda yang suka outbound maupun camping. Tempat ini buka dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Berikut daftar biaya saat kami mengunjungi:

  • Mobil Rp. 5.000,-
  • Motor Rp. 3.000,-
  • Pengunjung local Rp.6.000,-/orang
  • Turis Rp. 20.000,-/orang
  • Camping Rp. 10.000,-/orang
  • Flying Fox Rp. 15.000,-/orang

Dari area parkir kita harus berjalan melalui jembatan gantung melewati sungai berbatu dan berjalan di jalan berbatu kira-kira 500 meter jauhnya untuk mencapai tempat penangkaran rusa. Selama perjalanan tersebut, kita dapat menikmati keindahan alam yang masih asri atau beristirahat sambil makan siang bersama.

Setelah tiba di lokasi penangkaran rusa, kita perlu naik jembatan kayu yang di buat untuk pengunjung menuju ke tengah-tengah area penangkaran rusa dan melihat rusa-rusa dari dekat. Pengunjung diperbolehkan turun dan memberi makan secara langsung ke mulut rusa-rusa tersebut dengan biaya Rp. 1.000,-/orang dan Rp. 3.000,-/kantung ubi, makanan rusa tsb.

Untuk menghindari panasnya terik matahari sebaiknya kunjungi penangkaran rusa pada pagi atau sore hari. Seperti kami sekeluarga masih bisa-bisa mampir-mampir terlebih dahulu sebelum kami tiba di lokasi pukul 3.30 sore dan pulang pukul 5 sore. Di dalam lokasi juga ada warung-warung yang menjual makanan, mulai dari tipe makanan yang mengenyangkan seperti nasi maupun cemilan ringan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s