Backpacker ke Kuala Lumpur

Jalan-jalan 16 – 18 Mei 2009, berangkat pagi dan pulang malam supaya puas jalan-jalannya. Tidak menggunakan tour tapi backpacker / berjibaku.

Nah transportasi yang bisa digunakan dan kami temui disana adalah:

  • Monorail, kereta listrik yang jalannya di atas – tiket beli di loket dan harga sesuai jarak.
  • LRT / Kelana Jaya Line, kereta bawah tanah – harga sesuai jarak dan beli tiket melalui mesin.
  • Komuter, mirip LRT tapi lebih lambat – harga kurang tau karena saya belum naik.
  • Bis Bandar (B), Bis Utama (U), seperti bus way hanya tidak punya jalan sendiri seperti di Indonesia – 2RM / hari untuk bis yang sama B / U.
  • Metro bus, tempat duduknya seperti bis AC – harga 2RM juga, tiket harap disimpan untuk kontrol di jalan.

Kalau dari LCCT ke KL Sentral dan sebaliknya, belilah tiket sky bus secara online melalui website airasia atau beli langsung di LCCT.

Map rute transportasi silahkan dilihat di website: http://www.malaxi.com/Map_transit.htm

Oya jangan naik taksi kecuali Anda tau harganya,karena kalau tawar menawar Anda bisa dihargai sangat mahal dan jika Anda menggunakan meter/argo, Anda akan diajak berputar-putar. Harga yang pantas adalah 10RM dari KL Sentral ke Crown Regency Apartment di Jalan P.Ramlee, dekat dengan KLCC.

Landmark yang bisa dikunjungi di Kuala Lumpur adalah:

  • Petronas Twin Tower (KLCC)
    Terletak di Kuala Lumpur City Center (KLCC), Bis Bandar 105 dan Utama lewat KLCC.
    Untuk naik ke jembatan penghubung di antara dua gedung yang terletak di lantai 42, kita harus mengantri tiket yang diberikan secara gratis terlebih dahulu. Datanglah pagi-pagi sekali untuk mengantri tiket dengan jumlah 1600 per hari. Saya datang jam 10, tiket sudah habis. Hati-hati juga karena hari Senin, Petronas tutup. Waktu yang diberikan di dalam hanya sekitar 30 menit termasuk dengan nonton film 3 dimensi tentang Petronas Twin Tower.
  • KL Tower
  • National Monument
  • Putra Jaya
  • Batu Caves
    Batu Caves terletak di utara Kuala Lumpur. Cara menuju ke tempat ini adalah naik monorail ke Chow Kit dan naik Bis U6 2RM. Gua ini terkenal sebagai sebuah tempat ibadah penganut agama Hindu dan gua ini dapat didaki dengan menaiki 272 anak tangga yang menuju ke puncak. Kawasan Batu Caves ini terdapat tiga buah gua utama dan beberapa buah gua kecil. Gua utama mempunyai beberapa altar dan patung. Di tengah dari 272 buah anak tangga, terdapat Dark Cave, dan tersedia tour untuk melalui Dark Cave ini. Sepanjang jalan di anak tangga dan gua, Anda diharapkan hati-hati terhadap monyet nakal yang akan mencuri kantong makanan Anda.

Jika Anda hendak berbelanja di Kuala Lumpur, Anda dapat mengunjungi:

  • Sungei Wang, di Bukit Bintang. Lokasi ini dilalui monorail.
  • China Town, Petaling Street. Lokasi ini dilalui bis B105. Tempat ini banyak menjual kaos, tas, dan makanan. Menurut informasi di internet, harganya mesti di tawar, tapi saya menemukan penjual dengan harga pas yaitu menjual kaos KL seharga 5RM.
  • Central Market, menurut informasi harganya juga mesti ditawar.
  • Pasar Seni
  • Suria Mall, KLCC. Lokasi terletak di bawah Petronas Twin Tower.

Jika Anda suka dengan dataran tinggi seperti puncak di Indonesia, silahkan kunjungi Genting. Ada tiket paket pulang pergi dengan bis dan gondola/sky way dari&ke Genting. Tiket paket juga sudah termasuk dengan tiket Theme Park – sejenis Dunia Fantasi di Jakarta. Dimana Theme Park terbagi dalam dua area, yaitu Indoor dan Outdoor. Tiket paket ini dapat dibeli di terminal KL Sentral dan Puduraya, beberapa hari sebelum hari keberangkatan. Karena jika dibeli di hari keberangkatan, kita bisa kehabisan tiket. Seperti grup saya yang berjumlah 13 orang hanya dapat tiket pergi jam 12.15 dan pulang 18.00. Jika Anda ingin ke Genting tanpa tiket paket, Anda dapat ke terminal Titiwangsa karena lokasinya yang lebih dekat ke Genting. Saya sarankan Anda naik Gondola sebagai pengalaman naik gondola dengan jarak terpanjang. Satu Gondola dapat menampung 8 orang, jika sepi Anda dapat naik satu Gondola untuk grup Anda sendiri. Tiket paket per orang yang dijual di KL Sentral seharga 42RM untuk hari biasa termasuk minggu dan 48RM untuk hari libur Nasional.

Terakhir pastinya kita beli oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat. Oleh-oleh yang umumnya dibeli oleh kami – teman-teman sekantor adalah sepatu/sandal Vincci, kaos Kuala Lumpur, dan coklat Beryl’s yang mempunyai segudang macam coklat, contohnya coklat isi Durian, coklat Mint, dan coklat Cabai.

3 thoughts on “Backpacker ke Kuala Lumpur

  1. salam kenal,

    tertarik untuk perjalanan 4D/3N ke Bangkok-Pattaya seharga 2,7jt?

    cek informasi lengkapnya di _http://tour.kepalanggila.com ya….

    Maaf jika kurang berkenan

    Paket Liburan Bangkok 4 Hari 3 Malam – hanya 2,7jt/pax

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s