Gelanggang Samudra, Ancol (29 Desember 2008)

Libur kerja karena tanggal merah walau hanya sehari mesti dimanfaatkan untuk refreshing. Tempat hiburan yang masih tetap digemari ya Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Lokasi pun mudah dicari karena memang sudah lengkap informasi arah menuju Ancol.

Tanggal 29 Desember, kami ke Gelanggang Samudra karena walau ramai masih lumayan bisa dinikmati dibanding ke Dufan. Biaya masuk pintu gerbang Ancol Rp. 12.000,-/orang dan Rp.12.000,-/mobil. Tempat parkir gratis lumayan luas, kalau mau ya kasih tips ke tukang parkir. Kemudian biaya masuk Gelanggang Samudra Rp.75.000,-/orang, yaitu Rp.60.000,- untuk Gelanggang Samudra dan 4D Rp.15.000,-. Saat kami pergi, 4D sedang dalam perbaikan tetapi masih bayar Rp.75.000,- karena biaya sudah gabung 1 tiket.

Di Gelanggang Samudra, pertunjukan pentas cukup beragam antara lain pentas Aneka Satwa, pentas Singa Laut, pentas Lumba-lumba dan paus putih. Masing-masing pentas ada waktu show-nya masing-masing tetapi akan diadakan pentas tambahan jika pengunjungnya banyak, seperti saat kami pergi. Kami cukup beruntung karena kami diarahkan oleh petugas Gelanggang Samudra mulai dari kami masuk, yaitu untuk ke pentas Aneka Satwa tambahan karena pentas Singa Laut telah penuh. Kemudian saat kami keluar setelah selesai pentas Aneka Satwa kami ditawari petugas untuk menonton 4D walau hanya untuk theatre percobaan hari itu. Setidaknya bayar tiket Rp.15.000,- untuk 4D terpakai. Cerita 4Dnya adalah Monster in The Deep. Menurut kami sih singkat dan tidak seru. Karena kursi yang menempel per 4 orang membuat gerakan kursi terbatas untuk ke depan dan kebelakang saja, kemudian adegan-adegannya kurang menegangkan dibandingkan cerita yang sebelumnya yang juga lucu (judul ceritanya lupa, ingatnya ada beruang kutub kecil dan ular). Durasi tayangnya juga sebentar kira-kira 30 menit.

Menurutku area Gelanggang Samudra tidak cukup luas dan cocok untuk keluarga dengan anak-anak kecil. Karena Gelanggang Samudra selain menyediakan pentas-pentas binatang sebagai sarana pendidikan, terdapat Akuarium air tawar dan air laut, wahana Ubur-ubur, Boto-boto, dan Laga-Logon. Wahana-wahana ini semacam bom-bom car dan pesawat terbang. Hal ini membuat kami yang dewasa dan orang tua berwisata di area Gelanggang Samudra juga sebentar saja yaitu dari jam 11-an sampai jam 4-an sore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s