Taman Wisata di sekitar Menteng, Jakarta Pusat

Wisata dan tamasya bersama keluarga tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk tiket masuk gerbang dan wisata. Ada kok lokasi-lokasi dimana kita bisa wisata bersama keluarga dengan murah meriah. Lihat saja di Jakarta Pusat, selain Monas, kita bisa menikmati banyak taman kota nan indah dan bersih untuk menghirup udara segar dan menikmati hijaunya tumbuhan. Inilah taman2 kota yang ada di sekitar Menteng:

 

Taman Menteng

 

Di taman Menteng banyak kursi panjang yang disediakan untuk kita duduk-duduk sambil bercakap-cakap dan menikmati keindahan taman. Di taman ini selain bertamasya, disediakan taman bermain anak-anak, dan tersedia 3 lapangan futsal outdoor dan 1 lapangan bulu tangkis outdoor untuk kita kumpul dan berolahraga dengan teman-teman. Saat lapar dan haus setelah wisata atau berolahraga, kita juga mudah mencari makan dan minum, karena tepat di samping taman ini banyak penjual gerobakan, mulai dari jual nasi goreng, mie ayam, dan lain-lain.

Taman ini biasanya ramai dikunjungi orang-orang baik siang, sore, maupun malam. Biasanya taman menteng ini juga, dijadikan tempat pertemuan para komunitas sepeda di malam hari.

Di depan taman menteng juga terdapat seven-eleven dan Plaza Menteng untuk kita hangout. Tidak jauh dari taman ini juga, dimana kita hanya perlu jalan kaki sebentar, kita bisa wisata kuliner di malam hari dengan mencoba Ayam Penyet Bu Sri yang terkenal dengan ayam bakarnya yang super pedas dan baso urat. Jika kita jalan kaki lagi sedikit, maka kita sudah menuju pada tempat makan malam dengan berbagai pilihan makanan berat sampai ringan karena daerah ini semacam pujasera, tetapi yang hanya ada jika sudah malam.

Transportasi umum yang melewati taman Menteng ini adalah kopaja P20 jurusan Senen-Lebak Bulus.

Taman Suropati

Taman Suropati tidak jauh dari Taman Menteng. Taman ini juga asri dan pagi hari banyak orang jogging disini. Siang hingga malam hari tidak kalah ramai juga oleh orang-orang yang wisata dengan foto-foto, bersepeda, maupun latihan musik (biola). Di taman Suropati tidak seperti taman menteng yang menyediakan lapangan olahraga. Disini tidak ditemukan lapangan olahraga outdoor maupun indoor, tapi kita dapat rehat di rumputnya yang hijau hanya sekedar untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman karena tumbuhannya yang rindang.

Di belakang taman ini ada Masjid Agung Sunda Kelapa, yang bukan sekedar tujuan untuk sholat tetapi juga untuk makan siang. Karena di Masjid Agung Sunda Kelapa yang lebih dikenal sebagai Sunda Kelapa terdapat banyak penjual gerobakan dimana kita bisa makan di tempat. Banyaknya pilihan jenis makanan dan rasanya yang enak, membuat Sunda Kelapa terkenal sebagai tujuan hunting makan siang para karyawan/mahasiswa sekitar Menteng.

Taman Situ Lembang

Taman yang satu ini tidak banyak diketahui orang sekitar Menteng, walau lokasinya tidak jauh dari Taman Suropati. Taman ini juga tidak dilalui oleh transportasi umum. Taman ini umumnya menjadi tujuan para pemancing. Karena di danau buatan Situ Lembang, para penghobby mancing bisa memancing ikan. Selain danau buatan yang dikelilingi oleh taman rumput hijau, taman Situ Lembang juga dilengkapi dengan mainan untuk anak-anak seperti ayunan dan lain-lain. Sehingga keluarga muda dapat membawa anak-anaknya bermain di sini. Di Taman ini juga banyak pilihan makanan tradisional yang dapat kita beli, sepeti tahu genjrot, es doger, rujak be-bek, gorengan, dan lain-lain yang dijual dengan harga normal. Taman ini akan lebih indah jika dikunjungi di pagi atau sore hari karena bunga teratainya mekar.

Jika Anda sedang di sekitar Menteng, ayo ke taman-taman di atas karena lokasinya berdekatan kok. Berikut gambaran lokasi dari ke tiga taman tersebut yang saya ambil dari Google Maps:

-          Taman Menteng bisa lihat posisi Plasa Menteng di peta

-          Taman Suropati di Jalan Suropati

-          Taman Situ Lembang di Jalan Lembang

Selamat bertamasya dengan keluarga dan teman-teman dengan murah meriah :)

About these ads

2 thoughts on “Taman Wisata di sekitar Menteng, Jakarta Pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s